Rabu, 05 Januari 2011

RUANG LINGKUP BISNIS



1.       a. Pengertian Bisnis dan Jenisnya

- Secara harfiah bisnis bersasl dari kata bussines, ” bussy ” yang berarti sibuk. Di sini di artikan sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

- Dalam ilmu ekonomi bisnis dapat di artikan sebagai suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya.

- Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktivitas dan institusi yang memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari.

- Bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan (Griffen & Ebert )

Dari berbagai pendapat di atas, dapat di simpulkan bahwa bisnis merupakan kegiatan yang di lakukan oleh individu atau sekelompok orang yang memproduksi dan menjual hasil produksi baik berbentuk barang maupun jasa untuk memperoleh keuntungan.

Bisnis adalah semua aspek kegiatan untuk menyalurkan barang-barang melalui saluran yang produktif dari membeli barang ,emtah, sampai menjadi barang jadi. Menurut Kismono (2001) bisnis merupakan proses sosial yang dilakukan oleh setiap individu atau kelompok melalui proses penciptaan dan pertukaran kebutuhan dan keinginan akan suatu produk tertentu yang memiliki nilai atau memperoleh manfaat atau keuntungan.
Kegiatan ekonomi masyarakat dapat di bedakan menjadi 3 macam, yaitu :

a.     Kegiatan Produksi : adalah suatu kegiatan yang menghasilkan produk barang atau jasa. Contoh : Membuat tas, membuat sepatu.
b.    Kegiatan distribusi : adalah suatu kegiatan yang menyalurkan produk barang dan atau jasa dari produsen ke konsumen. Contoh : Agen tenaga kerja.
c.     Kegiatan konsumsi : adalah suatu kegiatan yang memakai atau menggunakan suatu produk yang telah di buat oleh produsen. Contoh : Membeli baju, membeli di warung masakan padang.


1.    b. Tujuan Kebijakan Bisnis

a. Kebijakan Fiskal adalah kebijakan yang di buat pemerintah untuk mengarahkan ekonomi suatu negara melalui pengeluaran dan pendapatan ( berupa pajak ) pemerintah. Instrumen utamanya adalah pengeluaran dan pajak.
b. Kebijakan moneter adalah kebijakan yang bertujuan untuk menstabilkan perekonomian dengan cara mengontrol tingkat bunga dan jumlah uang yang beredar.

1.    c. Sistem Perekonomian dan Sistem Pasar
Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh memiliki semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor tersebut di pegang oleh pemerintah. Kebanyakan sistem ekonomi di dunia berada di antara dua sistem ekstrim tersebut.

Pengertian Pasar atau Definisi Pasar adalah tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli barang dan jasa. Di pasar antara penjual dan pembeli akan melakukan transaksi. Transaksi adalah kesepakatan dalam kegiatan jual-beli.  Syarat terjadinya transaksi adalah ada barang yang diperjual belikan, ada pedagang, ada pembeli, ada kesepakatan harga barang, dan tidak ada paksaan dari pihak manapun.

Jenis-Jenis Pasar

Jenis pasar menurut bentuk kegiatannya. Menurut dari bentuk kegiatannya pasar dibagi menjadi 2 yaitu pasar nyata ataupun pasar tidak nyata(abstrak).  Maka kita lihat penjabaran berikut ini:

  • Pasar Nyata.
Pasar nyata adalah pasar diman barang-barang yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli. Contoh pasar tradisional dan pasar swalayan.

  • Pasar Abstrak.
Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja. Contoh pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.

Jenis pasar menurut cara transaksinya. Menurut cara transaksinya, jenis pasar dibedakan menjadi pasar tradisional dan pasar modern.

  • Pasar Tradisional
Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secar langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.

  • Pasar Modern
Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan denganm layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal, plaza, dan tempat-tempat modern lainnya.

Jenis – Jenis Pasar menurut jenis barangnya. Beberapa pasar hanya menjual satu jenis barang tertentu , misalnya pasar hewan,pasar sayur,pasar buah,pasar ikan dan daging serta pasar loak.

Jenis – Jenis Pasar menurut keleluasaan distribusi. Menurut keluasaan distribusinya barang yang dijual pasar dapat dibedakan menjadi:
  • Pasar Lokal
  • Pasar Daerah
  • Pasar Nasional dan
  • Pasar Internasional

1.    d. Kesempatan Bisnis / Usaha
ada 4 tempat untuk mendapatkan peluangg bisnis, yaitu :
a. Diri sendiri
sumber pertama gagasan yang paling dekat dan mudah, adalah diri sendiri.
b. pelanggan
sumber kedua memperoleh gagasann bisnis baru adalah melalui pelanggan dan pesaing.
c. pasar
sumber gagasan bisnis baru berikutnya adalah pasar.
d. produk yang gagal
sumber keempat lahirnya gagasan bisnis adalah produk-produk yang gagal.
1.    e. Unsur-unsur Penting Dalam Aktivitas Ekonomi

1.    Manusia
2.    Modal
3.    Material
4.    Metode
5.    Manajerial
6.    Mesin atau peralatan

1.    f. Hakikat Bisnis
1. bahwa dalam bisnis itu ada pertukaran produk dan uang, singkat kata terjadi jual beli. Jadi sebuah bisnis, dikatakan real sebuah bisnis.
2. bahwa bisnis sesungguhnya adalah membantu memberikan nilai tambah dan nilai manfaat yang kita miliki untuk menolong orang lain memecahkan persoalan yang dihadapinya.
1.    g. Mengapa belajar bisnis
Peranan bisnis sangatlah penting dalam kehidupan masyarakat, karena melalui kegiatan bisnis suatu perusahaan akan dapat memenuhi setiap kebutuhan dari masyarakat konsumen yang beraneka ragam, sehingga konsumen merasa terpuaskan.
Setiap perusahaan yang berkinerja baik dan mampu memberikan layanan yang memuaskanbagi konsumennya.

Sumber :
http://esihriana.blogspot.com/2010/11/ruang-lingkup-bisnis.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar