Sabtu, 27 Oktober 2012

AKUNTANSI KEUANGAN DAN AKUNTANSI MANAJEMEN

Nama   : Tri Wahyuningsih
Npm    : 29210342
Kelas   : 3EB20

TULISAN SOFTSKILL 1



Akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen memiliki dua kesamaan. Yang pertama, kedua tipe akuntansi tersebut merupakan sistem pengolah informasi yang menghasilkan informasi keuangan. Meskipun informasi non keuangan merupakan informasi penting yang digunakan oleh manajemen dalam pengelolaan perusahaan namun hampir seluruh informasi nonkeuangan tersebut berada di luar lingkup akuntansi. Kesamaan lainnya adalah dua tipe akuntansi tersebutberfungsi sebagai penyedia informasi keuangan yang bermanfaat bagi seseorang untuk pengambilan keputusan.
Perbedaan pokok antara akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen terletak pada :
1.    Pemakaian laporan akuntansi dan tujuan mereka
2.    Lingkup informasi
3.    Fokus informasi
4.    Rentang waktu
5.    Kriteria bagi informasi akuntansi
6.    Disiplin sumber
7.    Isi laporan
8.    Sifat informasi
Akuntansi keuangan terutama ditujukan untuk menyajikan informasi keuangan bagi pemakai diluar perusahaan. Untuk perusahaan yang besar,pemakai luar ini meliputi pemegang saham,kreditur,pelanggan,para analis keuangan,karyawan dan berbagai instansi pemerintah.tujuan pemakaian luar untuk mendapatkan laporan keuangan perusahaan adalah agar mereka dapat mengambil keputusan mengenai hubungan mereka dengan perusahaan yang bersangkutan.
Akuntansi manajemen di tunjukkan untuk menyediakan informasi keuangan bagi keperluan manajemen.
Ditinjau dari waktu,fokus informasi yang dihasilkan oleh akuntansi keuangan adalah masa lalu. Akuntansi keuangan berorientasi pada masa lalu untuk menggambarkan pertanggungjawaban dana yang dipercayakan oleh pihak luar kepada manajemen perusahaan.
Akuntansi manajemen berorientasi pada masa yang akan datang karena pengambilan keputusan selalu menyangkut masa yang akan datang,bukan masa yang telah lewat.tidak seorangpun dapat mengubah apa yang telah terjadi di masa lalu. Sehingga tidak seorangpun dapat mengambil keputusan mengenai apa yang telah terjadi .pengambilan keputusan pada dasarnya merupakan pemilihanalternatif tindakan yang akan dilakukan di masa yang akan datang.

Daftar pustaka :
Mulyadi.Akuntansi biaya.edisi ke-5.yogyakarta: Bagian penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Mnajemen YKPN,2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar