Minggu, 01 April 2012

34 Waduk Diperbaiki dengan Dana Bank Dunia


 Magelang, Kompas - Sebanyak 34 waduk di Indonesia akan direhabilitasi dengan dukungan dana Bank Dunia sebesar 50 juta dollar AS. Program rehabilitasi akan berlangsung bertahap pada tahun 2010-2014.
Direktur Sungai, Danau, dan Waduk Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Departemen Pekerjaan Umum Widagdo mengatakan hal itu dalam Seminar Nasional Penanganan Bencana Sedimen bertema ”Menyikapi Problematika Kejadian Bencana Sedimen di Indonesia” di Kota Magelang,
Jawa Tengah, Rabu (11/11). Pembicara lain Osamu Yokoyama dari Japan International Cooperation Agency (JICA).
Widagdo mengatakan, program rehabilitasi ini disebut Dam Operational Improvement and Safety Project (DOISP). Terkait dengan kegiatan itu, pemerintah mendata waduk yang akan diprioritaskan untuk ditangani.
”Kami berencana, tahun 2010 memulai proyek dengan merehabilitasi Waduk Batujae di Nusa Tenggara Barat serta beberapa waduk di sekitar Bengawan Solo,” kata Widagdo.
Upaya yang akan dilakukan dalam DOISP antara lain memperbaiki kondisi dan daya tampung waduk dengan metode pengerukan dan penggelontoran serta memperbaiki kondisi daerah tangkapan air di sepanjang daerah aliran sungai (DAS).
Selain itu, Widagdo mengatakan, pihaknya secara intensif bekerja sama dengan lembaga dan institusi di dalam maupun luar negeri untuk memperbaiki waduk. Waduk Gajahmungkur di Kabupaten Wonogiri, misalnya, kini tengah diperbaiki oleh pemerintah pusat bekerja sama dengan JICA. Perbaikan meliputi pengerukan sedimen, pemasangan komponen penggelontoran sehingga air tak langsung mengalir ke waduk, serta membenahi watershed management.
Menurut Widagdo, kondisi waduk, seperti Gajahmungkur yang tak lagi berfungsi optimal, disebabkan tebalnya penumpukan sedimen akibat ada kerusakan parah di daerah tangkapan air sepanjang DAS.
Laporan JICA yang dibacakan Osamu Yokoyama menyebutkan, JICA sudah membuat modul penanganan bencana banjir bandang di Jember. Modul ini diharapkan dapat disebarluaskan ke daerah lain.

SUMBER :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar